Selasa, 22 Mei 2012

Toyota Kembali Ambilalih Posisi Nomor Satu dari GM

Tokyo (ANTARA News) - Toyota Motor Jepang memperoleh kembali posisinya, sebagai pembuat mobil nomor satu di dunia pada kuartal pertama 2012, mencuri kembali kedudukannya dari raksasa AS General Motors, menurut data pabrik.
Perusahaan Jepang, yang mencakup merek Toyota, Lexus, Daihatsu dan Hino itu, menjual 2,49 juta unit kendaraan dalam tiga bulan hingga 31 Maret, di depan General Motors dengan 2,28 juta unit dan Volkswagen Jerman dengan 2,16 juta, lapor AFP.
Juru bicara Toyota Dion Corbert mengatakan, produsen mobil itu telah menghadapi rintangan besar dalam beberapa tahun terakhir, yang mengakibatkan ia menyerahkan posisi utamanya kepada GM pada 2010.
"Kami memiliki krisis keuangan, beberapa masalah kualitas, gempa (11 Maret) dan banjir Thailand pada 2011, di mana kami tidak mampu memproduksi mobil sebanyak yang kita inginkan," katanya kepada AFP, Selasa.
Toyota telah menjadi produsen mobil terbesar di dunia sejak 2008 dan menjual 8,42 juta kendaraan pada 2010.
Tetapi posisinya disusul setelah tergelincir ke 7,35 juta kendaraan pada tahun yang berakhir Maret, di belakang General Motors dengan sekitar 9,0 juta unit penjualan dan Volkswagen dengan lebih dari 8,0 juta kendaraan yang terjual.
Toyota telah dipaksa mengendalikan kerusakan dalam beberapa tahun terakhir setelah menarik jutaan kendaraan sejak 2009 karena cacat keamanan.
Sejak itu kemudian terpukul keras oleh yen yang kuat, gempa dan tsunami di Jepang timur laut pada 11 Maret dan banjir di Thailand yang berdampak pada pabrik-pabrik di sana dan menyebabkan masalah produksi besar. (A026)
Editor: B Kunto Wibisono COPYRIGHT © 2012
http://otomotif.antaranews.com/news/1337708084/toyota-kembali-ambilalih-posisi-nomor-satu-dari-gm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.