Rabu, 25 Februari 2015

32 Event Organizer Sukses di Dunia

Event Organizer merupakan suatu bisnis yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Jasa yang dilayani berupa jasa penyelenggaraan suatu acara atau kegiatan. Acara tersebut bisa meliputi pernikahan, peluncuran produk, konferensi, dan masih banyak lag. Menyelenggarakan suatu acara bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Banyak sekali persiapan dan perlengkapan yang harus disediakan. Mulai dari pembentukan panitia hingga evaluasi. Proses panjang tersebut kerap memakan banyak waktu dan banyak pengorbanan.

Banyaknya waktu yang dibutuhkan dan pengorbanan yang dilakukan untuk menyelenggarakan suatu event membuka peluang bisnis baru. Bisnis ini dinamakan Event Organizer. Event Organizer harus menyediakan semua permintaan klien dalam rangka mensukseskan event tersebut. Di Indonesia sendiri, geliatnya sudah mulai terlihat yang ditandai dengan maraknya jasa Wedding Organizer. Namun jika dilihat dari EO-nya secara umum, bisnis ini masih jarang peminatnya. Jarang peminat dapat diartikan pula jarang pesaing. Jarang pesaing berarti peluangnya semakin besar.


 Sebagai pebisnis, tentunya Anda harus pandai menangkap peluang ini. Mendirikan bisnis event tidak sesukar yang dibayangkan. Namun tetap saja, tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan berjuta-juta ide kreatif untuk menghasilkan event yang tidak terlupakan sepanjang masa di benak peserta. Berikut ini Tim BisnisHack menyajikan beragam informasi mengenai situs-situs yang bisa membangkitkan inspirasi Anda. Memberi banyak tips dan masukan yang berguna untuk kelanjutan Event Organizer Anda selanjutnya.


1. Brilliant Event Planning 
http://www.brillianteventplanning.com/blog/

Situs ini merupakan situs yang bergerak di bidang acara pernikahan atau wedding organizer. Meskipun tidak ada penjelasan dan nasehat mengenai tips khusus tentang event organizer, website ini cukup menarik untuk diikuti. Isinya berupa cerita dari klien yang menggunakan jasa mereka. Ditampilkan pula foto-foto pernikahan dan seputar konsep acara. Bagi Anda yang sedang mencari ide, situs ini wajib diikuti.


2. Belvedere http://www.belvederebanquets.com/blog/

Sama seperti Brilliant Event Planning, Belvedere juga bergerak di bidang wedding organizer. Tidak hanya menyajikan ide, situs ini juga menyajikan informasi mengenai teknik dan tips yang berhubungan dengan event organizer. Foto-foto yang ditampilkan juga cukup menarik pembaca.


3. A Flair for Affairs http://www.aflairforaffairs.com/blog/

Ditulis oleh seorang event organizer asal Florida, Elisa Delgardio, situs ini menyajikan informasi yang sungguh berbeda. Blog ini adalag blog pertama yang menyajikan makan malam dengan tema Edgar Allan Poe. Edgar Allan Poe merupakan penulis cerita misteri asal Amerika yang cukup terkenal. Tidak terbayangkan bukan makan malam dengan konsep misteri? Selain itu, event organizer ini menyediakan berbagai macam tips teknis dan ide kreatif yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda.


4. Style Me Pretty http://www.stylemepretty.com/

Situs ini lebih fokus pada wedding organizer-nya daripada event organizer-nya. Meskipun tidak banyak membahas mengenai teknik dan tips tertentu, banyak ide segar yang bisa dijadikan referensi. Lebih dari itu, mereka punya satu menu khusus untuk menampilkan busana yang digunakan. Temukan busana yang pas untuk event Anda di menu ‘Fashion’.


5. Planning Forever http://planningforever.com/blog/

Meskipun situs ini melayani bentuk event yang lain, namun portofolionya menunjukkan hal yang berbeda. Portofolionya menunjukkan bahwa event ini telah melakukan spesialisasi di bidang pernikahan. Menariknya, visi mereka bukanlah untuk menjadi yang terbesar di dunia tapi untuk menjadi yang terbaik di dunia. Cara yang dilakukan yaitu dengan memperhatikan klien secara personal.


6. Preston Bailey http://www.prestonbailey.com/category/blog/

Situs ini juga merupakan situs wedding organizer. Blog yang didirikan cukup update dengan tulisan-tulisan terbarunya. Meskipun tidak banyak tips yang bisa digali, banyak ide yang bisa digunakan di event Anda selanjutnya.


7. Smart Meetings http://www.smartmeetings.com/meeting-and-event-planning-news/

Terlihat dari namanya, EO ini melayani klien-klien dari perusahaan atau lembaga yang akan mengadakan rapat dan pertemuan. Informasi yang disediakan cukup lengkap, seimbang antara ide dan bisnis. Mereka bahkan menerbitkan majalahnya sendiri yang juga diberi nama Smart Meetings. Kelebihan lainnya, situs ini selalu memiliki tempat-tempat menarik untuk dijadikan sebagai lokasi kegiatan. Mereka bahkan mencantumkan fasilitas ini di halaman utama di menu Search Venues. Cakupan lokasinya sudah menjangkau ke seluruh dunia.


8. Endless Entertainment http://www.helloendless.com/blog/

Blog ini dimulai dengan sekumpulan anak kuliah yang bekerjasama dan menekuni bisnis yang sama. Mereka lebih fokus melayani event di bidang hiburan. Istilahnya lebih dikenal dengan ‘event entertainment’. Artikel-artikel yang diunggah cukup update. Informasi yang disajikan juga tidak sebatas ide tapi juga tips dan trik untuk melnacarkan acara Anda.


9. Pathable http://blog.pathable.com/

Tidak seperti yang lain, situs ini mencoba menghubungkan antara event dengan teknologi. Banyak hal bermanfaat dan menarik yang menjelaskan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mensukseskan sebuah acara. Banyak gadget dan aplikasi yang dicantumkan dalam blog ini yang akan bermanfaat untuk mendukung acara Anda.


10. Techsytalk http://techsytalk.com/

Biasanya, suatu nama yang terdapat kata ‘tech’ di dalamnya sedikit banyak berkaitan dengan teknologi. Benar sekali, begitu juga dengan blog yang satu ini. Situs ini menggabungkan penggunaan jejaring sosial dengan teknologi untuk melancarkan kegiatan Anda. Uniknya lagi, situs ini mengelompokkan penggunaan jejaring sosial yang berbeda untuk event yang berbeda pula. Meskipun Anda bukan seorang pengamat teknologi, tidak ada salahnya untuk mengamatinya. Beberapa inspirasi juga dicantumkan agar semakin melengkapi informasi untuk pembaca.


11. Event Juice http://eventjuice.co.uk/blog/

Situs ini menyajikan informasi tentang event organizer secara keseluruhan. Tidak hanya tentang pernikahan atau tentang hiburan tapi semuanya. Namanya saja Event Juice, ada kata ‘jus’ di dalamnya. Tentu saja informasi yang disediakan tidak hanya satu tapi bermacam-macam. Situs ini ditulis untuk komunitas event oleh anggota komunitas event. Sangat bermanfaat untuk dibaca.


12. Thought Fully Simple http://www.thoughtfullysimple.com/

Situs ini hanya dikhususkan bagi seorang EO pemula. Sebelumnya, bagi Anda yang sudah memiliki banyak karyawan dan relasi untuk dibagi-bagikan tugas, situs-situs di bawah lebih disarankan untuk dibaca. Dari luar tampaknya blog ini mirip dengan blog resep masakan. Namun tidak sepenuhnya demikian. Banyak ide dan inspirasi yang bisa digali dari situs ini. Dan tentu saja, ide yang diberikan meskipun sederhana tapi cukup mengena.


13. Event Manager Blog http://www.eventmanagerblog.com/

Mencari inspirasi? Mencari ide? Di sini tempatnya. Situs ini memfokuskan pada tiga hal yaitu wedding organizer, event management, dan party planning. Sangat disarankan bagi Anda baik yang pemula maupun yang sudah profesional. Menariknya lagi, mereka mencoba mengaitkan event dengan psikologi. Anda bisa menemukan artikel tentang pembahasan tersebut di submenu ‘Psychology of Events’.


14. Velvet Chainsaw http://velvetchainsaw.com/

Velvet Chainsawa khusus melayani acara-acara konferensi, rapat (meeting), dan pendidikan. Banyak informasi berguna yang disediakan. Tulisan-tulisannya juga cukup mudah dibaca dan mudah dimengerti. Anda bisa belajar banyak hal dari situs ini langsung dari para ahlinya.


15. Plan Your Meetings http://planyourmeetings.com/

Di situs ini Anda akan menemukan beragam nasehat, contoh, dan sumber-sumber tulisan yang cukup menarik. Untuk melengkapi informasi yang dihadirkan, situs ini menyediakan informasi tersendiri seputar dunia industri yang bisa diakses di menu ‘Indusrty News’. Eo ini khusus melayani kebutuhan industri dan perusahaan yang aka mengadakan rapat dan pertemuan. Banyak sekali komentar positif yang diberikan kliennya. Selain itu, mereka juga memiliki publikasi sendiri yang cukup menarik untuk dibaca.


16. Conferences That Work http://www.conferencesthatwork.com/

Adrian Segar sangat fokus pada tujuannya untuk mendapatkan kepuasan konsumen. Dia sangat memahami apa yang diinginkan oleh klien. Banyak ide segar dan kreatif yang diciptakan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dia menggunakan sudut pandang sebagai konsumen. Dengan menempatkan diri pada posisi mereka, Anda akan mendapat sudut pandang mengenai apa yang mereka inginkan.


17. Event Planning http://blog.cvent.com/

Banyak sekali artikel yang disediakan situs ini. Semua seluk-beluk event yang ingin Anda ketahui bisa ditemukan di sini. Di antaranya adalah pembahasan mengenai berita, jejaring sosial, anggaran, dan bagaimana memulai suatu event.


18. Liz King http://lizkingevents.com/

Tujuan dari event organizer ini yaitu membuat event lebih menarik, efektif, dan efisien. Dilihat dari portofolionya, EO ini lebih fokus pada pelayanan rapat dan konferensi.



19. Trade Show Institute http://tradeshowinstitute.com/blog/

Event Organizer ini didirikan oleh Traci Browne. Dia sudah 15 tahun menekuni bisnis di bidang ‘trade show’ dan juga merupakan seorang konsultan event di bidang konferensi. Dia banyak mengisi blognya dengan artikel-artikel yang berdasarkan pengalaman pribadi.


20. Fork in the Road http://forkintheroadblog.com/

Bruno menekankan pada penggunaan teknologi dan jejaring sosial ketika mengadakan suatu event. Penggunaan teknologi dalam sebuah rapat atau konferensi harus dimaksimalkan apalagi di zaman yang sudah modern seperti sekarang.


21. Planner Wire http://plannerwire.net/

Ketika pertama kali membuka situsnya, Anda akan bertemu slogan 3 I, ‘ignite, inspire, innovate’. Kurang lebih artinya adalah inisiasi, inspirasi, dan inovasi. Slogan tersebut merupakan rangkaian kata yang mengandung semangat dan yang melandasi event mereka. Setiap event yang dirancang haruslah sebagai inisiator, mampu menginspirasi, dan inovasi. Banyak ide kreatif yang bisa dihasilkan. Situs ini juga menghadirkan tulisan bagaimana cara menjalin hubungan partner yang baik dan lain sebagainya.


22. Meetings Net http://meetingsnet.com/

Sumber yang cukup berharga yang memuat informasi terkait dengan berbagai jenis event. Beberapa di antaranya adalah rapat asosiasi, rapat medis, rapat perusahaan, dan berbagai macam event pada umumnya. Cakupan yang dijangkau sudah skala internasional. Selain pembahasan di atas, mereka juga membahas tentang penggunaan teknologi dan perencanaan.


23. Event Marketer http://www.eventmarketer.com/

Situs ini menyajikan informasi bagi Anda yang bergerak di bidang B2B dan B2C event. Apa itu B2B dan B2C? B2B merupakan singkatan dari business to business, yaitu suatu ajang pertemuan yang dihadiri berbagai kalangan elite bisnis. Sedangkan B2C merupakan singkatan dari business to consumer, yaitu ajang pertemuan dari elite bisnis dengan konsumen. Event B2C misalkan peluncuran produk oleh suatu perusahaan. Untuk melengkapi informasi, situs ini juga menyediakan informasi tentang teknologi, pemasaran, dan tips berguna lainnya.


24. Meetings Coventions http://www.meetings-conventions.com/

Banyak informasi yang bisa digali dari situs ini. Situsnya nampak sederhana tapi beragam informasi bisa digali dari sini.


25. Event Solutions http://event-solutions.com/

Event Solutions menyediakan berbagai macam tips penting dan beberapa rekomendasi mengenai desain, tren, dan beragam solusi untuk perencanaan event. Tidak hanya melayani jasa  pertemuan, mereka juga menerima klien yang membutuhkan jasa untuk mengurus pernikahan. Event Solutions menerbitkan majalah yang juga diberi nama Event Solutions.


26. Trade Show News Network http://www.tsnn.com/

Trade Show sudah menangani berbagai macam event. Jumlahnya bukan lagi ratusan atau ribuan tapi puluhan ribu. Event yang telah dilayani sebanyak 25.000. Industri ini sudah berdiri sejak 1996. Jenis event yang ditangani yaitu B2B, pameran, konferensi, publikasi dan media online.


27. International Meetings Review http://www.internationalmeetingsreview.com/

International Meetings Review mempunyai cakupan yang luas baik dari segi topik maupun lokasi. Bahasan lain yang dimasukkan dalam situs ini adalah perencanaan, travel, dan tempat tujuan. Saking banyaknya tempat yang digunakan untuk lokasi event, menu-menu di situsnya tidak dibagi dalam kategori event itu sendiri tapi dibagi berdasarkan lokasi. Baru setelah menentukan lokasi, Anda bisa mengakses informasi tentang event itu sendiri.


28. Evenium http://blog.evenium.net/

Evenium memberikan banyak tips yang bermanfaat. Termasuk di dalamnya adalah tips memanfaatkan jejaring sosial, teknologi, dan bagaimana caranya membuat event yang tidak terlupakan. Artikel dari Evenium tidak boleh dilewatkan untuk dibaca.


29. Planet Planit http://www.planetplanit.biz/

Banyak tips yang ditulis di situs ini. Beberapa di antaranya yaitu tentang pernikahan, event sosial, jejaring sosial, dan teknologi. Eits, tidak hanya itu saja, ada bahasan khusus mengenai public relation, pemasaran, dan juga ada menu khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Suatu event yang cukup jarang terjadi, yaitu layanan kegiatan untuk mahasiswa.


30. Industry Leaders Magazine http://www.industryleadersmagazine.com/

Situs ini lebih fokus pada berita mengenai sektor bisnis. Jika dilihat secara keseluruhan, artikel tentang event terlihat lebih sedikit daripada artikel tentang sektor industri. Namun jangan salah, ada banyak pembahasan mengenai event-event terkait yang sering dimasukkan ke dalam sini. Industry Leaders Magazine juga cocok buat Anda jika ingin mencari referensi bagaiman sebenarnya kehidupan para pebisnis dan lingkungan industri.


31. Events Management News http://eventsmanagementnews.com/

Banyak sekali tips dan trik yang bisa dihasilkan seputar event. Situs ini baru diluncurkan pada bulan Mei tahun 2013 dan sudah mengundang puluhan ribu pembaca.


32. PCMA Convene http://pcmaconvene.com/

Blog ini berisi tentang beragam kisah yang bermanfaat dan menginspirasi. Bagi Anda yang ingin mencari ide baru yang unik, bisa mengunjungi PCMA Convene. Blog PCMA Convene ditulis oleh para editor majalah Convene. Tampilan websitenya tampak sederhana, tidak ada menu bar yang rumit dan navigasi yang ruwet. Hanya terdiri dari satu halaman utama. Mirip seperti blog personal. Sangat nyaman dibaca baik dari segi tulisan maupun tampilan situsnya yang sederhana.


Jika Anda sempat menengok sekilas ke-32 situs tersebut, ada satu benang merah yang bisa dijadikan kesimpulan. Bahwa tujuan semua Event Organizer adalah ingin melayani dan memahami konsumen dengan cara menciptakan acara yang tidak terlupakan. Untuk mencapai hal tersebut, cara yang digunakan adalah dengan melahirkan konsep acara yang kreatif serta menghubungkannya dengan teknologi.

Cukup menarik bukan? Jika Anda seorang yang aktif, kreatif, dan senang berinteraksi, bisnis ini sangat cocok dengan karakter tersebut. Satu lagi, bisnis event organizer merupakan bisnis yang penuh dengan tantangan dan ketidakpastian. Hal yang tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Namun jangan berkecil hati, suatu EO profesional tidak akan menjadi profesional jika tidak melalui sederetan kesalahan dan evaluasi.

Sumber :
http://www.bisnishack.com/2014/10/32-event-organizer-sukses-di-dunia.htmlhttp://www.bisnishack.com/2014/10/32-event-organizer-sukses-di-dunia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.